Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Cara Mengatasi Game yang Tidak Bisa Dibuka di Android

Bermain game di waktu luang memang menjadi salah satu aktivitas yang menyenangkan sekaligus dapat menghilangkan stres dan lelah.

Namun terkadang ada saja masalah yang muncul, salah satunya yaitu game yang tidak bisa dibuka di Android Anda.

Jika Anda sedang mengalami masalah tersebut, tetap tenang. Saya sudah merangkum beberapa cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android dari Kang Flash.

1. Hapus Cache Game

Cara pertama yaitu dengan menghapus cache yang ada pada game tersebut.

Cache merupakan sebuah file sementara yang tersimpan di perangkat Anda, meski cache memiliki peran yang cukup penting, namun jika terlalu banyak cache yang menumpuk justru akan menimbulkan suatu masalah.

Jadi dengan begitu, Anda harus menghapus semua cache yang ada pada aplikasi game tersebut, alangkah lebih baik lagi jika Anda menghapus semua cache di perangkat Android.

Untuk menghapus cache pada game yang kamu maksud, caranya sangat mudah. Pertama silahkan buka Settings > Apps, selanjutnya cari game tersebut lalu pilih opsi Clear Cache atau Hapus Cache.

Sementara jika Anda ingin menghapus semua cache yang ada di Android, silahkan buka aplikasi Cleaner bawaan Android lalu lakukan pembersihan cache. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pembersih lain yang bisa Anda download di Google Play Store.

2. Update Game

Cara yang kedua yaitu dengan mengupdate game tersebut.

Melakukan update game merupakan hal yang sangat penting dan wajib Anda lakukan, dengan update game akan melakukan perbaikan pada kesalahan seperti adanya bug atau error lainnya.

Jadi cobalah cek versi game yang Anda gunakan, atau Anda bisa mengeceknya secara langsung di Google Play Store jika ada update yang dibutuhkan.

Jika tersedia update baru pada game tersebut, Anda akan melihat tombol update pada game di Google Play Store, silahkan tekan tombol tersebut untuk melakukan update.

Penting: Segera lakukan update pada game online jika sudah tersedia, karena Anda mungkin tidak akan bisa membuka game tersebut jika belum mengupdatenya.

3. Paksa Berhenti dan Hapus Data

Pada beberapa kasus game yang tidak bisa dibuka di Android, itu disebabkan karena adanya error pada file atau data game tersebut.

Jadi untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk memaksa berhenti game tersebut lalu menghapus data game.

Hal ini dilakukan agar semua data pada game tersebut (termasuk data yang rusak) dihapus dari perangkat Android Anda.

Untuk melakukannya, buka Settings > Apps, lalu cari game yang kamu maksud dan tekan tombol Paksa Berhenti atau Forced Close.

Setelah itu, coba untuk hapus data game tersebut dengan menekan tombol Erase All Data atau Hapus Data.

Langkah selanjutnya, coba jalankan game tersebut lalu tunggu hingga proses pengunduhan data baru selesai.

4. Restart Android

Cara yang keempat yaitu dengan melakukan restart Android. Terdengar sangat klasik, namun ternyata cara ini terbukti sangat ampuh untuk mengatasi berbagai masalah di Android, salah satunya masalah game yang tidak bisa dibuka.

Jika Anda sudah melakukan 3 cara di atas dan belum berhasil, maka Anda wajib untuk mencoba cara yang keempat ini.

Untuk memulai ulang perangkat Android, pastinya Anda sudah mengetahui caranya, ya benar! Anda hanya perlu menekan tombol Power selama beberapa detik lalu pilih opsi Restart atau Reboot.

Setelah proses restart Android selesai, sekarang coba untuk membuka game tersebut.

5. Install Ulang Game

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan menginstall ulang game tersebut.

Dengan melakukan install ulang maka Anda akan mendapatkan semua data game terbaru tanpa adanya kerusakan yang membuat game tidak bisa dibuka.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan yaitu melakukan Uninstall pada game yang sudah ada di Android Anda.

Setelah proses tersebut selesai, silahkan buka Google Play Store kemudian cari dan download game tersebut. Tunggu hingga proses download game selesai.

Demikian artikel singkat mengenai cara mengatasi game yang tidak bisa dibuka di Android. Semoga cara di atas bisa membantu Anda, dan selamat bermain!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *