Cara Mengganti PDF ke Word dengan Offline dan Online Terbaru

Berbeda dengan dokumen file dalam bentuk Word yang sangat mudah di edit, dokumen file dalam bentuk PDF (Portable Document Format) sangat sulit untuk di edit. Walaupun ada cara edit file PDF secara offline, akan tetapi tetap saja cara tersebut memiliki keterbatasan. 

Keterbatasan tersebut diantaranya adalah bentuk salinan teks yang kamu ambil dari PDF akan berantakan ketika di tempel di Word. Nah untuk mengatasi keterbatasan itu, kamu bisa mengganti PDF ke Word, baik dengan cara memanfaatkan perangkat laptop, online maupun HP atau perangkat mobile.   

Kamu bisa mengganti file PDF ke Word dengan cara yang cukup mudah dan tidak membutuhkan waktu yang relatif lama. Dengan demikian kamu bisa menyusun ulang file PDF kamu dengan waktu yang relatif singkat dan menggunakannya sesuai kebutuhan, misalnya mengerjakan tugas kuliah atau membuat laporan.

Nah jika kamu masih kebingungan bagaimana cara merubah file PDF ke Word, yuk simak tata caranya di bawah ini:

Cara Mengganti Pdf ke Word di Laptop

Cara yang paling mudah kamu gunakan untuk mengganti file PDF ke Word adalah dengan menggunakan laptop. Dengan memanfaatkan laptop, kamu bisa menginstal berbagai macam aplikasi yang mendukung untuk merubah file PDF menjadi Word maupun yang lainnya.

Sehingga kamu tidak hanya bisa mengganti file PDF menjadi Word, tetapi juga bisa mengedit, memisahkan dan juga menggabungkan file PDF maupun yang lainnya.

Adapun cara untuk mengganti file PDF ke Word, kamu bisa memanfaatkan aplikasi diantaranya sebagai berikut:  

Pakai Microsoft Office

Pertama kamu bisa memanfaatkan Microsoft Office buat mengganti PDF ke Word. Hanya saja kamu harus menggunakan Microsoft Office 2013 ke atas untuk bisa merubah PDF ke Word.  Jadi buat kamu yang masih menggunakan Word 2010 ke bawah, kami sarankan untuk meng-upgrade-nya terlebih dahulu agar bisa digunakan untuk mengganti file PDF.

Adapun langkah-langkah untuk mengubah file PDF menjadi file Word sebagai berikut:

  • Langkah 1: Pertama kamu buka aplikasi Microsoft Word yang ada di laptop milikmu. 
  • Langkah 2: Setelah itu kamu klik Open Other Documents > klik Open > klik Computer > klik Browse lalu kamu cari mana file PDF yang akan kamu ganti ke Word.
  • Langkah 3: Jika file PDF yang kamu cari sudah ketemu, selanjutnya klik file PDF lalu klik Open dan tunggu hingga proses convert selesai.
  • Langkah 4: Jika convert sudah selesai, kamu pilih File > klik Save As lalu simpan file dengan format Word, bisa .doc, .docx atau yang sejenisnya.

Cukup mudah bukan cara mengganti PDF ke Word? Cara yang sudah kami sampaikan di atas dengan menggunakan aplikasi Microsoft Office 2013. Buat kamu yang menggunakan Ms. Word 2016 atau bahkan Office 365, cara di atas tidak ada perbedaannya kok.

Kamu bisa mengikuti langkah-langkah merubah PDF ke Word yang sudah kami sampaikan diatas, semoga bermanfaat.  

Pakai Adobe Acrobat Pro

Selain memanfaatkan Microsoft office buat mengubah PDF ke Word, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi Adobe Acrobat Pro yang pada umumnya sudah tersedia di laptop milikmu. 

Jika kamu tidak menggunakan Adobe Acrobat Pro, kamu bisa mengunduhnya di situs resminya lalu menginstalnya di laptop milikmu.

Jika kamu sudah menginstal Adobe Acrobat Pro, kamu bisa mengikuti langkah-langkah untuk mengubah file PDF menjadi file Word seperti berikut ini:

  • Langkah 1: Pertama buka aplikasi Adobe Acrobat Pro yang sudah kamu instal di laptop milikmu.
  • Langkah 2: Selanjutnya kamu buka file PDF yang akan kamu ubah menjadi Word.
  • Langkah 3: Jika file sudah kamu buka, selanjutnya klik File > klik Save As Other > klik Microsoft Word > klik Word Document.

Selamat file PDF kamu sudah berubah menjadi Word.

Cara Mengganti Pdf Ke Word Online

Selain dengan memanfaatkan software, kamu juga bisa meng-convert PDF menjadi Word dengan cara online.

Ada banyak situs yang menyediakan fitur convert PDF menjadi Word. Situs tersebut ada yang gratis dan ada juga yang berbayar, misalnya smallpdf.com, sedja.com dan masih banyak lainnya. 

Dengan memanfaatkan situs situs convert PDF maka secara tidak langsung beban perangkat laptop maupun HP tidak akan bertambah.

Dari berbagai macam situs yang ada, kamu bisa mencoba menggunakan smallpdf.com. Situs ini merupakan salah satu situs dengan fitur convert PDF ke Word yang mudah digunakan. 

Walaupun sebenarnya situs smallpdf.com merupakan situs berbayar, tetapi kamu masih bisa mengakses dan mengconvert PDF secara gratis kok. Hanya saja untuk fasilitas yang diberikan menjadi terbatas, yakni hanya bisa digunakan untuk memproses dua PDF per harinya.

Berikut ini langkah-langkah convert PDF dengan smallpdf.com

  • Buka situs https://smallpdf.com/id/konverter-pdf melalui browser kamu.
  • Selanjutnya kamu bisa menyeret file PDF yang akan kamu convert ke dalam situs web smallpdf. Selain itu juga kamu bisa klik Pilih File lalu cari file PDF yang akan kamu convert ke Word lalu klik Open.
  • Setelah itu kamu bisa pilih Konversi ke Word lalu kamu akan memilih opsi yang sudah ditentukan dan klik Pilih Opsi lalu tunggu proses convert file PDF.
  • Jika sudah selesai mengkonversi, kamu tinggal download file yang sudah berganti dari PDF menjadi Word.

Mudah bukan caranya? Kemudian jika kamu bersedia membayar biaya langganan, maka kamu akan bisa mendapatkan fasilitas atau fitur lebih dari smallpdf.com. Diantaranya adalah kamu bebas akses convert PDF ke Word, bisa mengedit teks yang sudah kamu convert dan masih banyak lainnya.

Kamu tertarik untuk mencobanya? Silahkan saja kunjungi situs di atas ya.

Cara Mengganti PDF ke Word di HP

Buat kamu yang malas membuka laptop, kamu bisa memanfaatkan handphone untuk mengganti file PDF menjadi Word. Hanya saja kamu perlu menginstal aplikasi terlebih dahulu.

Untuk aplikasinya sendiri kamu bisa menggunakan aplikasi PDF Converter yang bisa kamu unduh di playstore. Kami memilih aplikasi PDF converter karena penggunaannya yang cukup simpel dan praktis untuk digunakan. 

Hanya saja untuk dapat menggunakan aplikasi PDF converter kamu perlu berlangganan terlebih dahulu. 

Untuk biaya langganannya sendiri adalah sebesar Rp 129.000. Adapun fitur yang akan kamu dapatkan berupa konversi PDF ke Word, PDF ke Image, ke Autocad dan masih banyak lagi dengan total 28 fitur yang tersedia.

Berikut ini cara mengganti PDF ke Word dengan aplikasi android PDF Converter:

  • Unduh PDF Converter di play store kemudian buka aplikasinya.
  • Selanjutnya kamu pilih tanda Plus (+) lalu pilih file PDF yang akan kamu ubah menjadi Word.
  • Jika sudah ketemu, kemudian convert PDF  ke Word dan tunggu hingga proses konversi selesai.
  • Setelah konversi selesai, kamu sudah bisa membuka file Word kamu di handphone.

Nah itu tadi cara mengganti PDF ke Word di HP yang memanfaatkan aplikasi PDF Converter. Selain menggunakan aplikasi, kamu juga bisa untuk mengconvert PDF ke Word dengan cara online.

Bagaimana? Tidak sulit bukan cara mengganti file PDF ke Word. Kamu bisa memilih berbagai macam cara di atas, tergantung selera kamu. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *