Cara Menghapus Update Windows 10

Cara-Menghentikan-Update-Windows-10

Pada beberapa kondisi, update Windows 10 terkadang menyebabkan masalah baru. Hal ini bisa terjadi lantaran masih adanya bug atau error pada file update itu sendiri.

Saat mendapati masalah ini, Anda bisa melakukan penghapusan terhadap update Windows 10 sebagai solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Setelah update di hapus, biasanya Windows 10 akan kembali normal dan berjalan seperti semula.

Ya, Windows 10 memang secara berkala akan mendapatkan update otomatis dari Microsoft. Hal ini sebenarnya dilakukan untuk menambah fitur baru dan meningkatkan kinerja Windows 10.

Tapi pada kenyataannya, terkadang update Windows malah menyebabkan error saat menjalankan beberapa aplikasi. Dan yang paling parah, update Windows 10 ini juga tak jarang menjadi penyebab menurunnya performa Windows 10.

Kalau Windows 10 Anda saat ini mulai mengalami penurunan kinerja dan mencurigai bahwa penyebabnya adalah update Windows, maka Anda bisa menghapus update tersebut dengan beberapa cara yang akan kami bagikan di bawah ini.

Cara Menghapus Update Windows 10 Semua Versi

Di bawah ini ada beberapa cara untuk menghapus update Windows 10 yang sudah terlanjur di install.

Anda bisa coba semua cara agar file update benar-benar terhapus.

1. Melalui Menu Settings Windows 10

Menu setting di Windows 10 punya banyak sekali kegunaan. Selain untuk melihat status aktivasi setelah melakukan instalasi Windows 10, menu setting juga menyimpan fitur untuk menghapus update Windows 10.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan jika ingin menghapus file update melalui menu setting:

  1. Buka atau jalankan menu settings Windows 10.
  2. Di dalam jendela setting, silahkan pilih menu “update & security“.
  3. Setelah itu, di dalam menu “update & security” Anda lanjutkan pilih menu “view update history“.
  4. Kemudian setelah jendela “view update history” muncul, di sana Anda bisa melihat informasi riwayat update yang sudah dilakukan secara otomatis oleh Windows 10. Jika Anda sudah lama menggunakan Windows 10, kemungkinan daftar history update yang tampil akan sangat banyak. Tapi biasanya, update yang menyebabkan error adalah update Windows yang paling baru. Anda bisa melihat file update mana yang baru saja terinstall melalui jendela “view update history” ini.
  5. Langkah selanjutnya silahkan klik label “uninstall updates” yang ada pada jendela “view update history“. Langkah ini akan membuka control panel dan membawa Anda ke halaman “uninstall an update“.
  6. Selanjutnya untuk menghapus file update, silahkan klik salah satu nama file update yang ada di dalam daftar.
  7. Klik kanan di atas nama file dan pilih “uninsall“. Setelah itu proses uninstall file update akan berjalan. Tunggu dan restart komputer Anda untuk melihat efeknya. Selesai.
  8. Melalui Safe Mode Windows 10

2. Melalui Safe Mode Windows 10

Parahnya update Windows 10 bahkan bisa menyebabkan blue screen dan Windows gagal di-load.

Jika demikian, salah satu opsi yang bisa Anda pilih adalah menghapus update melalui safe mode Windows 10.

Lalu setelah berhasil masuk safe mode, Anda bisa lakukan cara yang persis sama dengan cara menghapus update Windows 10 melalui menu setting di atas.

3. Melalui WinRE

WinRE atau Windows Recovery Environment adalah fitur bawaan Windows yang fungsinya untuk melakukan recovery.

Jika Anda tidak bisa masuk safe mode atau file update tidak bisa terhapus melalui menu setting, maka alternatifnya Anda bisa menggunakan fitur WinRE.

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda lakukan:

  1. Hidupkan dan matikan komputer sebanyak 4 kali. Hal ini dilakukan agar komputer melakukan booting ke fitur WinRE. Setelah melalui 3 kali proses hidup mati, pada proses keempat komputer akan booting ke WinRE.
  2. Setelah jendela WinRE terbuka, silahkan klik pada menu “troubleshoot“.
  3. Pada jendela “troubleshoot” lanjutkan pilih “advanced options“.
  4. Lanjutkan pilih “uninstall updates” pada jendela “advanced options“.
  5. Kemudian pilih jenis update yang ingin dihapus.
  6. Masukkan password yang biasa Anda gunakan untuk masuk ke Windows dan klik tombol “continue“.
  7. Proses penghapusan file update akan berjalan beberapa saat sesuai besarnya file. Tunggu dan restart komputer setelah proses berakhir.

Oh ya, mungkin ada diantara pembaca yang belum faham apa yang kami maksud jenis update pada langkah kelima.

Nah perlu diketahui, Windows sebenarnya akan mendapatkan dua jenis update dari Microsoft.

Kedua jenis update tersebut adalah Quality Updates dan Feature Updates.

Dari namanya, kita bisa tahu bahwa Quality Updates adalah update Windows yang berisi security dan patch untuk perbaikan bug serta menambah performa Windows 10.

Sedangkan update kedua yaitu Feature Update, isinya adalah penambahan fitur baru pada Windows 10.

Jadi pada langkah kelima di atas, Anda bisa memilih salah satu atau kedua jenis update ini untuk dihapus. Tapi hati-hati, pilihlah file update yang benar-benar Anda curigai sebagai penyebab dari errornya Windows 10.

4. Melalui CMD

Opsi terakhir yang bisa Anda pilih untuk mengapus file update Windows 10 adalah melalui Command Prompt atau CMD.

Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama adalah Anda perlu menentukan dulu file update mana yang akan Anda hapus. Caranya Anda periksa dulu update terakhir melalui “view history update” di menu settings Windows 10. Cek file update mana yang kira-kira menjadi penyebab error dan catat versinya.
  2. Setelah itu jalankan Command Prompt dalam mode Administrator.
  3. Di jendela Command Prompt silahkan ketik perintah: “wusa /uninstall /versi_file_update /quiet /norestart” tanpa tanda kutip. Jangan lupa ganti “versi_file_update” dengan versi update yang sudah Anda catat di langkah pertama. Kemudian klik enter.
  4. Sampai di sini Anda sudah melakukan penghapusan file update terpilih. Silahkan restart komputer Anda untuk melihat hasilnya. Selesai.

Cara di atas bisa Anda lakukan untuk menghapus banyak file update sekali jalan.

Caranya Anda tinggal copy paste saja perintah penghapusan file update pada langkah ketiga menjadi beberapa baris sesuai jumlah file yang akan dihapus.

Tapi yang perlu diperhatikan, jangan lupa ganti versi file update pada masing-masing baris perintah sesuai versi yang Anda catat pada langkah pertama.

Baca juga : Cara Masuk ke Safe Mode Windows 10

Demikianlah beberapa cara meng-uninstall update Windows 10. Semoga bisa dipahami dan ada manfaatnya untuk pembaca sekalian. Terima kasih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *