Cara Menjadi YouTuber Gaming

Cara Menjadi Youtuber Gaming Sukses Buat Pemula

Masa sekarang ini, kebanyakan orang lebih sering melakukan kegiatannya melalui media-media online, termasuk juga mencari penghasilan. Penghasilan online ini bisa didapatkan melalui berbagai platform populer.

Salah satu platform populer yang mampu menghasilkan uang adalah platform YouTube. Oleh sebab itu banyak orang berbondong-bondong membuat kanal Youtube sendiri dengan topik yang beraneka macam.

Pada umumnya YouTuber pemula akan mengalami kesulitan dalam membuat kanal YouTube. Meskipun membangun kanal itu sulit, akan tetapi ada satu jenis kanal YouTube yang mudah dilakukan. Kanal yang dimaksud adalah kanal YouTube yang berjenis konten tentang Gaming.

Konten gaming ini mudah dilakukan karena pada dasarnya tidak memerlukan perangkat keras tambahan. Perangkat tersebut antara lain seperti kamera ataupun webcam. Kedua perangkat tersebut diperlukan saat kalian ingin menampilkan wajah. Jadi, perangkat tambahan tersebut hanya opsional saja.

Selain itu sebagian Content Creator gaming yang baru terjun ke YouTube juga belum tau langkah awal memulainya harus dari mana. Maka dari itu, berikut kami berikan langkah-langkah menjadi YouTuber Gaming yang mudah diterapkan untuk seorang pemula:

1. Siapkan Jenis Channel YouTube

Persiapan awal yang harus kalian lakukan adalah jenis konten untuk mengisi channel YouTube. Jenis konten terbagi menjadi beberapa bagian, antara lain:

  • Channel Tutorial: Kanal YouTube jenis ini akan menayangkan video berupa panduan menyelesaikan misi, mendapatkan sesuatu, meraih suatu peringkat dan lain sebagainya. Jenis saluran ini tujuan utamanya adalah membantu penonton kalian untuk menjadi lebih baik lagi daripada sebelumnya.
  • Channel Informasi: Kategori ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada penonton tentang game. Informasi yang bisa kalian berikan seperti tanggal perilisan game, memberi ulasan terhadap game yang kalian mainkan, seberapa populer gamenya dan lain-lainnya yang bersifat penjelasan.
  • Kompilasi Video Game: Kategori ini akan menyajikan konten berisikan sekumpulan video game digabung menjadi satu. Kompilasi video game yang laris adalah video yang mengandung unsur lucu atau humor.
  • Serial Game: Kategori terakhir ini merupakan jenis video game yang memberikan suatu penayangan bersifat berkesinambungan. Sebagai contoh saja, kalian bisa membuat video tentang permainan suatu jenis game, dimana setiap permainannya memiliki alur cerita yang panjang. Jadi, kalian harus membuat sebuah serial agar durasi videonya tidak terlalu lama dan dibuat beberapa konten.

Pemilihan jenis kanal YouTube tersebut tergantung dari kemampuan kalian. Apabila kalian memiliki kemampuan membuat semua jenis saluran tersebut, maka itu menjadi nilai tambah.

2. Siapkan Alat

Tentu saja kalian masih perlu alat tambahan, namun alat tersebut bukan perangkat keras tambahan yang kami sebutkan diatas tadi. Hanya saja alat ini berupa perangkat lunak atau aplikasi. Aplikasi yang kalian butuhkan yaitu aplikasi perekam layar, pengolah video maupun pengolah suara.

Ketiga aplikasi tersebut sangat berperan penting dalam pembuatan konten video Gaming, khususnya aplikasi perekam layarnya. Pasalnya setiap kalian membuat konten pasti akan membutuhkan aplikasi tersebut untuk merekam layar dalam permainan.

Setelah kalian mendapatkan bahan dengan merekam permainan, kalian masih perlu mengeditnya. Mengeditnya bisa dilakukan menggunakan aplikasi editing video seperti Premiere, Filmogra dan lainnya.

Selain itu penggunaan aplikasi pengolah audio ini hanya opsional saja, karena penggunaannya tergantung dari kualitas suara kalian. Apabila kualitas rekaman suara kalian kurang jelas dan penuh Noise, maka masih perlu diedit dulu.

3. Siapkan Musik Bebas Copyright

Sebuah konten akan terasa kurang menarik apabila tidak diiringi dengan musik. Selain musik, kalian juga perlu menyiapkan suara-suara lain seperti audio transisi, sound effect dan lain sebagainya.

Tentu pemilihan audio ini harus berhati-hati, karena pada umumnya audio yang diambil dari internet memiliki hak cipta. Untuk itu kalian harus memilih audio yang bebas Copyright agar konten gaming kalian tidak melanggar. Berikut daftar situs dan channel youtube yang menyediakan audio bebas hak cipta:

 

Nama Kategori
Bensound Website
Hooksounds Website
No Copyright Sounds (NCS) Channel YouTube
Audio Library Channel YouTube

4. Fokus Satu Genre Game

Pada dasarnya, setiap permainan memiliki genrenya masing-masing. Genre game ini yang harus kalian pilih untuk mengisi konten YouTube. Pengisian konten YouTube lebih baik satu game saja dulu agar penonton lebih mengenal karakteristik Channel kalian.

Dengan begini kalian akan mendapatkan pelanggan setia yang siap menantikan konten-konten terbaru yang kalian unggah.

Disisi lain, apabila kalian sudah bisa dikatakan berhasil dalam membangun Channel yang berfokus pada satu Genre game maka kalian boleh mencoba Genre game lainnya.

5. Update Video Teratur

Langkah kelima ini tidak mengharuskan kalian untuk mengunggah konten Gaming setiap hari. Hanya saja kalian harus mengatur jadwal pembaruan konten di kanal YouTube. Mengatur jadwal ini sangat penting, alasannya karena Subscriber setia kalian akan menanti unggahan video gaming terbaru.

Salah satu contoh mengatur jadwal unggahan konten seperti ini, semisal kalian ingin update konten Game setiap hari senin maka kalian wajib mengunggah konten setiap hari Senin. Contoh lain, misal kalian ingin dua kali sehari update video game maka kalian harus rutin update sesuai jadwal tersebut.

6. Terima Masukan Penonton

Setiap karya apapun yang diterbitkan ke platform berbagi contohnya YouTube ini, maka kalian akan menerima banyak masukan dan kritikan. Cukup jadikan motivasi masukan dan kritikan tersebut untuk mengembangkan channel Gaming kalian.

Terkadang sebuah masukkan dan kritikan akan membangun rasa semangat dalam membuat karya. Selain itu, masukkan-masukkan dari penonton kalian tidak semuanya perlu kalian turuti. Pasalnya ada beberapa masukkan yang kadang tidak masuk akal atau bahkan ada masukkan yang berdampak buruk bagi keberlangsungan channel YouTube kalian.

7. Bikin Konten Serial

Konten Serial adalah konten yang disajikan secara berkesinambungan. Artinya konten yang kalian unggah akan dibagi menjadi bagian-bagian kecil. Dengan begini channel kalian akan diisi dengan konten-konten ber-episode.

Jenis konten serial ini pun bisa dikatakan sebagai konten satu tema yang efektif. Pasalnya kalian tidak akan kehabisan ide dalam pembuatan konten di kanal gaming kalian.

Sebagai gambaran, kalian bisa memainkan game yang memiliki misi dengan alur cerita panjang. Panjangnya alur cerita ini membuat kalian tidak perlu memikirkan ide konten mau seperti apa. Sebab kalian tinggal melanjutkan misi hingga tamat.

Proses tamatnya suatu game pasti akan sangat lama, dengan begitu kalian akan rutin update konten berjenis serial ini untuk mendapatkan ribuan penonton.

8. Kolaborasi Antar Youtuber Gaming

Kalian bisa bekerja sama dengan sesama content creator gaming lainnya untuk membuat konten. Pembuatan konten bisa berisikan obrolan menarik yang pastinya membahas tentang game, atau juga bisa bermain game bareng.

Melakukan kolaborasi sesama content creator gaming akan berdampak positif pada perkembangan channel Gaming kalian. Untuk memulai kolaborasi ini, kalian bisa memulainya dengan mengajak teman kalian yang memiliki kanal YouTube bertema serupa.

Tidak ada yang mewajibkan kalian berkolaborasi antar YouTuber, hanya saja dengan cara ini kalian bisa meningkatkan branding kanal YouTube yang kalian kelola, istilah lainnya adalah pengenalan kanal YouTube kalian ke kanal orang lain yang kalian ajak kolaborasi.

9. Belajar Terus

Setiap usaha yang kalian jalani, kalian akan mengalami proses pembelajaran. Proses belajar ini yang harus kalian asah terus dan jangan sampai berhenti.

Ketika kalian mulai belajar hal baru, maka kalian bisa mengembangkan ide kreatif pada channel YouTube. Ide kreatif ini bisa berupa pembuatan tema konten yang inovatif dan lebih bervariatif.

Dengan begitu kalian akan mendapatkan subscriber yang banyak dari ide konten baru tersebut. Selain itu dengan belajar kalian bisa mengembangkan bakat yang ada di dalam diri kalian sehingga usaha menjadi content creator gaming akan terus berkembang juga.

10. Manfaatkan Media Sosial

Media Sosial dapat kalian manfaatkan untuk menjaring subscriber baru. Mendapatkan subscriber baru melalui media sosial dimulai dari membagikan konten YouTube kalian ke grup media sosial, misalnya Facebook.

Namun kalian juga perlu memperhatikan keterkaitan antara tema grup dengan konten YouTube kalian. Artinya kalian harus membagikan konten gaming ke grup Facebook yang terkait dengan tema video kalian. Dengan membagikannya ke grup yang terkait maka subscriber dan penonton kalian akan meningkat drastis.

Selain itu, apabila kalian ingin memiliki pengikut setia di Facebook untuk menjaring subscriber baru, sebaiknya kalian membuat fanspage. Setelah membuat fanspage ini kalian bisa membagikan video YouTube ke fanspage tersebut kemudian membagikannya ke grup terkait gaming.

Setelah melihat cara-cara menjadi YouTuber gaming diatas, yang perlu kalian tekankan lagi adalah Niat. Karena sebuah usaha pasti membutuhkan niat. Sekarang saatnya kalian memulai untuk membuat channel Gaming sesuai arahan dari kami diatas tadi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *