Cara Menyambungkan Laptop ke TV

Menonton film maupun video dari Laptop yang sudah disambungkan ke TV akan sangat menyenangkan karena Anda bisa menontonnya di layar yang lebih besar. Namun sayangnya masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara menyambungkan Laptop ke TV dan sering mengalami kendala.

Laptop bukanlah sekadar perangkat kerja portable. Jika Anda menghubungkan Laptop ke TV, maka Laptop akan berubah menjadi sebuah media centre yang dapat digunakan untuk menonton streaming dari Netflix, Hulu, YouTube, dan juga berbagai media yang Anda simpan di Laptop.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV dengan Mudah

Nah, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara untuk menyambungkan Laptop ke TV, Artikel dari piwiq.com ini akan membantu Anda untuk mengetahui beberapa cara untuk menyambungkan Laptop ke TV dengan mudah dan cepat.

Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Menggunakan Kabel HDMI

Hampir sebagian besar televisi LED maupun LCD yang terbaru selalu dibekali dengan fitur HDMI. Namun, tidak banyak orang yang mengtahui tentang fungsi dari HDMI yang tersemat pada TV tersebut. HDMI adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk menghubungkan Laptop ke TV. Keberadaan port HDMI di sebagian besar televisi masa kini tentu saja memudahkan kita untuk menyambungkan Laptop ke TV tanpa ribet.

Berikut caranya:

  • Pertam, pastikan terlebih dahulu bahwa Windows yang Anda gunakan sudah up-to-date.
  • Kemudian nyalakan Laptop dan TV Anda.
  • Selanjutnya sambungkan kabel HDMI dari Laptop menuju port HDMI yang terdapat pada TV.
  • Lalu pada TV pilih input HDMI (umumnya dilakukan dengan menekan tombol AV)
  • Secara otomatis, maka layar akan langsung ditampilkan pada TV. Apabila belum, maka lakukan setting manual. Caranya yaitu masuk ke Control Panel> Display> Adjust Resolution> Pilih TV pada Display drop down box

Menghubungkan Laptop ke TV menggunakan kabel HDMI akan memberikan kualitas gambar HD. Selain itu, HDMI juga dapat menangani file di Laptop baik dalam bentuk audio maupun video.

2. Menyambungkan Laptop Ke TV dengan Kabel VGA

Jika Anda menggunakan TV model lama yang tidak memiliki fitur HDMI, maka Anda bisa menggunakan port VGA sebagai alternatifnya. Meskipun tampilan yang diberikan dari kabel VGA tidak sebagus di HDMI, namun kualitasnya masih terbilang cukup bagus.

Umumnya, saat kabel VGA tersambung maka secara otomatis TV akan menampilkannya. Namun, apabila TV belum menampilkannya juga, maka Anda harus melakukan langkah-langkah manual seperti dibawah ini:

  • Nyalakan Laptop dan TV Anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya sambungkan kabel melalui port VGA yang terdapat pada TV maupun Laptop Anda.
  • Kemudian setting manual dengan cara masuk ke Control Panel> Display> Adjust Resolution> pilih TV pada Display drop down box.

Perlu Anda ketahui, kabel VGA berbeda dengan kabel HDMI. Kabel VGA ini tidak akan menyambungkan suara dari Laptop ke TV. Oleh karena itu jika Anda ingin menyambungkan suaranya juga, maka silahkan gunakan kable audio tambahan.

Cara Menyambungkan Laptop ke TV Tanpa Kabel

Selain dengan menggunakan kabel seperti cara diatas. Anda juga dapat menggunakan teknologi tanpa kabel yaitu menggunakan chromecast. Chromecast adalah teknologi terbaru yang diluncurkan oleh google untuk membantu anda menyambungkan layar dari laptop ke TV.

Anda juga dapat melakukan cara ini menggunakan Laptop berbasis Windows maupun Mac sebagai remote control televisi. Selain itu, Anda juga dapat menyambungkannya melalui Smartphone maupun tablet berbasi Windows dan iOS. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasannya dibawah ini:

  • Chromecast dilengkapi dengan kabel ekstensi HDMI pendek, yang nantinya bisa Anda gunakan sesuai dengan lokasi port HDMI pada TV Anda. Namun, kabel HDMI ini tidak disambungkan ke Laptop atau perangkat yang nantinya akan menjadi remote control TV Anda. Hubungkan kabel ini di port HDMI TV, lalu hubungkan ujung lainnya ke port USB yang tersedia di TV Anda.
  • Selanjutnya, nyalakan TV Anda. Apabila Chromecast tidak terdeteksi pada TV, cobalah untuk memindahkan ke input yang tepat. Gunakan juga remot untuk memilih input HDMI yang sesuai dengan Chromecast
  • Kemudian masuk ke halaman Chromecast dan install Chromecast pada Laptop Anda.
  • Setelah berhasil menginstall Aplikasi Chromecast, segera buka dan tekan “Set-Up” untuk menghubungkan ke jaringan Wifi Anda. Pilih negara tempat Anda berada saat ini, lalu pilih Next untuk melanjutkan ke step berikutnya.
  • Tunggu hingga beberapa saat sampai Aplikasi yang ada di perangkat Anda berhasil terhubung ke Chromecast. Kemudian, verifikasi kode yang sama di TV dan perangkat yang Anda gunakan sebagai remote control.

Itulah ulasan yang membahas tentang cara menyambungkan Laptop ke TV. Semoga ulasan yang kami berikan bermanfaat bagi Anda, sampai jumpa pada artikel-artikel kami selanjutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *