Doa Untuk Orang Sakit

Seorang muslim sebaiknya selalu menjenguk saudaranya yang sedang sakit sebagai bentuk silaturahmi atau kasih sayang sesama. Ketika menjuenguknya maka janganlah lupa untuk membaca doa untuk orang sakit agar mampu mengurangi rasa sakit yang dirasakannya atas pertolongan dari Allah SWT.

Menjenguk Orang Sakit

Ketika kita menjenguk orang sedang sakit maka dapat menjadi nilai kemanusiaan yang menjadi ibadah atau bentuk untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sehingga menjadi amalan tersendiri bagi semua umat muslim. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Barang siapa menjenguk orang sakit, maka ia masuk dalam rahmat Allah. Dan, jika ia duduk di sampingnya, maka rahmat (Allah) membanjiri padanya.” (HR.Ahmad, Bukhari, dan Muslim).

Sebagai perbuatan yang mulia menjenguk orang sakit juga akan mendatangkan rahmat dari Allah SWT sehingga akan mendatangkan kebaikan untuk kita.

Etika Ketika Menjenguk Orang Sakit

Ketika kita menjenguk orang sakit maka harus mengikuti etika dan adab yang ada sehingga mendapatkan ridha dan rahmat dari Allah SWT, berikut ini penjelasannya.

1. Niat Menjenguk Orang yang Sakit

Sebelum menjenguk orang sakit ternyata kita juga diminta untuk membacakan niat terlebi dahulu kepada Allah SWT. Tujuan dari membacakan niat tersebut yaitu untuk mengharapkan pahala yang datang dari-Nya. Apabila Anda mampu maka sebaiknya mengusahakanlah untuk membawa barang bawaan tersebut berupa makanan ataupun bingkasan kesukaannya. Hal tersebut juga terdapat dalam hadist di bawah ini.

“Barang siapa memberi makan orang yang sakit apa yang diinginkannya, maka Allah akan memberi makan kepadanya dari buah-buahan surga.” (HR.Thabrani).

Bahkan,ketika kita membawakan apa yang diinginkan oleh orang sakit tersebut maka Allah SWT akan memberikan kita buah-buahan dari surga.

Baca juga: Doa Bepergian

2. Menghibur Orang yang Sakit

Berikutnya, hiburlah orang yang sedang sakit agar dapat menimbulkan rasa yang optimis dengan keyakinan agar cepat sembuh. Dengan demikian maka akan membuat hati orang yang sedang sakit menjadi lebih bahagia kemudian berbaik sangka kepada Allah SWT sehingga akan bersikap sabar dengan rasa sakit yang dirasakannya.

Nah, jadilah orang yang menjenguk orang dengan mengingatkan kemudian menyebutkan amal kebaikan dan kebajikan yang pernah diperbuat selama hidupnya. Hal tersebut tentunya menjadi suatu pujian yang akan membuat hati orang sakit menjadi merasa lebih bahagia.Jagalah ucapan ketika menjenguk orang sakit agar tidak membuat hatinya menjadi sedih.

3. Mendoakan Orang yang Sakit

Doakanlah orang yang sedang sakit untuk memohonkan kesembuhan, Anda bisa mengucapkan  semoga cepat diberi kesembuhan, semoga cepat sembuh, atau semoga lekas sehat dan bisa kembali berkumpul bersama.”

Dengan mengucapkan doa tersebut tentunya bisa mendoakan kebaikan untuk orang yang sedang sakit agar cepat sembuh. Tentunya, dengan mengucapkan doa tersebut juga akan mendatangkan rasa bahagia kepada orang yang sedang sakit karena hal tersebut bisa menjadi salah satu bentuk kasih sayang.

Doa Untuk Orang Sakit

Ketika menjenguk orang sakit maka disarankan pula untuk membaca doa khusus yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW, berikut ini penjelasannya. Disunnahkan membaca doa tersebut sebanyak tujuh kali ya. Berikut ini bacaan lafal bacaan doanya.

 “Allahumma Rabbannaasi Adzhibil Ba’sa Wasy Fihu, Wa Antas Syaafii, Laa Syifaa-a Illa Syifaauka, Syifaa-An Laa Yughaadiru Saqomaa”.

Terjemahan Doa Untuk Orang Sakit:

“Hilangkanlah kesukaran atau penyakit itu, wahai Tuhan manusia. Sembuhkanlah, Engkaulah Yang Maha menyembuhkan. Taka da kesembuhan, kecuali kesembuhan-Mu. Kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit lain.” (HR.Ahmad, Bukhari, Muslim, Abu Dawud, Ibnu Majah, dan lainnya).

Makna dari doa untuk orang sakit tersebut yaitu untuk memohonkan kesembuhan yang tidak menimbulkan penyakit lain karena kesembuhan itu memang datangnya dari Allah SWT.

Makna Doa Untuk Orang Sakit

Setelah mengetahui bacaan doa untuk orang sakit maka sebaiknya ketahui juga makna doa untuk orang sakit, berikut ini penjelasannya.

1. Meminta Kesembuhan

Ketahui makna doa untuk orang sakit yaitu meminta kesembuhan dari Allah SWT agar meringankan rasa sakitnya, kepayahannya, dan siksa dari rasa sakitnya dengan menyebut nama kebesaran dan keagungan-Nya. Hal tersebut dikarenakan doa kesembuhan tersebut memang memiliki nama Asy-Syafii (الشَّافِي) yang artinya “Yang Maha Menyembuhkan”.

Dengan doa tersebut akan menjadi perantara tersendiri untuk meminta kesembuhan sehingga akan menjadi meringankan rasa sakit yang dideritanya. Oleh karena itu, janganlah lupa untuk membaca doa untuk orang sakit tersebut ketika sudah sampai di rumah.

2. Meyakini Kekuasaan-Nya

Berikut makna yang terdapat dalam doa untuk orang sakit yaitu meyakini kekuasaan-Nya dari lafal

“Antas Syaafii laa syifaa’a illa syifaauka” (أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَآءَ إِلاَّ شِفَاؤُكَ ) yang memiliki arti “Engkau Yang Maha Menyembuhkan. Tidak ada kesembuhan, kecuali kesembuhan-Mu”.

Dari doa tersebut dapat diketahui bahwa sesungguhnya tidak ada yang bisa memberikan kesembuhan kecuali hanya Allah SWT karena dia-lah dzat yang ingin memberikan kesembuhan.

Dari bacaan ini bermakna meyakinkan bahwa sesungguhnya tidak ada yang dapat memberi kesembuhan hanyalah Allah SWT. Hal tersebut juga terdapat dalam Al Quran surah Asy-Syu’araa ayat 80:

وَ اِذَا مَرِضۡتُ فَہُوَ یَشۡفِیۡنِ

Terjemahannya:

 “Dan, apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkanku.” (QS. Asy-Syu’araa ayat 80).

3. Meminta Kesembuhan Tanpa Meninggalkan Sakit

Sebagai umat muslim yang baik maka sebaiknya kita meminta doa tanpa meninggalkan sakit kepada saudara kalian. Hal tersebut juga terdapat dalam lafal bacaan “Syifaa’an laa yughaadiru saqaman” (شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا) yang maknanya yaitu untuk “Kesembuhan yang tidak meninggalkan sakit”.

Makna doa tersebut menekankan bahwa Allah SWT akan memberikan kesembuhan mutlak atas kekuasaan dari-Nya tanpa memberikan bentuk sakit dalam penyakit yang lainnya. Anda juga dapat membaca doa di bawah ini sebanyak satu kali.

أَسْأَلُ اللهَ العَظِيْمَ رَبَ العَرْشِ العَظِيْمِ أَنْ يَشْفِيَكَ

Terjemahannya:

“Aku mohon kepada Allah Yang Maha agung, Rabb Arsy yang agung, semoga Dia berkenan menyembuhkanmu.” (HR.Abu Dawud dan Tirmidzi dengan sanad yang shahih).

4. Menyadari Keagungan-Nya

Selanjutnya ketahui juga bahwa makna dalam doa untuk orang sakit yaitu untuk meminta keagungan-Nya yang dzatnya Maha Besar yang berkenan untuk menyembuhkannya dari berbagai penyakit. Jadi, ketika Anda berdoa sambil memegang bagian tubuh yang sakit seperti yang dianjurkan oleh Nabi Muhammad SAW.

Hal tersebut juga dijelaskan dalam hadist Aisyah Ra di bawah ini.

“Apabila beliau mendapati salah seorang dari kami mengeluh sakit, beliau mengusapnya dengan tangan kanannya kemudian mengucapkan, “Hilangkanlah kesusahan, wahai Rabb manusia…” (HR.Muslim).

5. Doa Orang Sakit Sangat Mustajab

Selain kita disarankan untuk mendoakan orang sakit maka kita juga disarankan untuk meminta doa dari orang sakit karena orang sakit tersebut memang sangatlah mustajab. Nabi Muhammad SAW bersabda:

“Jika kamu masuk kepada orang yang sakit, maka mintalah ia untuk mendoakanmu, karena sesungguhnya doanya seperti doa malaikat.” (HR.Ibnu Majah).

Demikianlah ulasan mengenai doa untuk orang sakit yang memiliki banyak keutamaan untuk kebaikan dalam kehidupan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *