Kenali 5 Fungsi Harddisk

Bagi Anda yang bekerja dengan menggunakan komputer, pasti sudah kenal apa itu harddisk bukan? Harddisk sendiri merupakan salah satu perangkat keras yang harus ada dalam setiap komputer. Penggunaan harddisk dewasa ini menjadi hal yang sangat penting bagi para penggunanya.

Meski pada awal kemunculannya harddisk masih memilih kapasitas dalam hitungan KB, namun dengan pesatnya teknologi yang ada, kapasitas harddisk dapat mencapai 2TB. Kapasitas besar yang dimilikinya tersebut tentu tidak jauh dari fungsi harddisk yang bisa digunakan. Lalu, apa sajakah fungsi yang dimiliki oleh perangkat keras tersebut? Berikut penjelasannya.

Fungsi Harddisk

Dalam satu sistem komputer, perangkat keras satu ini memiliki banyak fungsi yang harus Anda ketahui. Di bawah ini beberapa fungsi yang dimiliki oleh harddisk.

Menyimpan Data dari OS

Fungsi pertama yang dimiliki oleh perangkat keras ini ialah untuk menyimpan data dari OS. Windows adalah salah satu dari beberapa OS yang paling banyak digunakan oleh pengguna komputer di dunia. Agar dapat terinstall dan bisa mengoperasikan komputer dengan baik, maka Windows dan beberapa OS lainnya sangat membutuhkan harddisk.

Komputer harus memiliki harddisk untuk bisa menginstall OS. Hal ini karena tanpa adanya OS, komputer yang Anda miliki tidak bisa dijalankan.

Sebagai Lokasi Penyimpanan Data dari Software

Fungsi kedua yang dimiliki oleh harddisk ialah sebagai penyimpanan data dari software. Beberapa aplikasi dan software lainnya membutuhkan space yang cukup di dalam harddisk agar dapat terinstall dengan baik.

Oleh karenanya, harddisk memegang peranan yang penting untuk beberapa aplikasi dan software tersebut. Jika perangkat keras ini terlalu penuh, maka akan mengganggu kinerja dari aplikasi itu sendiri.

Sebagai Media Back-Up

fungsi harddisk berikutnya ialah digunakan sebagai media back up. Nah, jika Anda khawatir kehilangan berbagai macam data penting yang dimiliki maka Anda bisa memanfaatkan hardware tersebut.

Harddisk akan melakukan back up terhadap semua data yang dimiliki dan mengamankannya. Jadi, jika suatu saat Anda membutuhkan data-data penting tersebut, Anda masih bisa melihatnya di perangkat keras harddisk.

Menyimpan Berbagai Macam File dari User

Harddisk merupakan salah satu perangkat keras yang memiliki banyak fungsi. Selain ketiga fungsi yang telah disebutkan di atas, fungsi berikutnya yang dimiliki oleh perangkat ini ialah untuk menyimpan berbagai macam file yang dari user.

Sebagaimana yang kami kutip dari mods.teknohive.com bahwa harddisk dapat menyimpan beragam data, file hingga dokumen virtual seperti .mkv .mp3 .doc dan masih banyak lagi. Tak heran, dengan fungsi harddisk tersebut membuatnya nampak seperti nyawa bagi user itu sendiri. Hal ini karena banyak sekali file penting yang tersimpan di dalam perangkat keras tersebut.

Sebagai Tempat untuk Menyimpan Database

Yang terakhir yakni digunakan sebagai tempat untuk menyimpan database. Database sendiri merupakan salah satu elemen terpenting yang ada di dalam komputer. Database berguna untuk membantu program ataupun suatu aplikasi agar bisa berjalan dengan baik.

Umumnya, database disimpan pada sebuah harddisk yang digunakan oleh komputer server. Hal ini berguna agar data tersebut dapat diakses dengan mudah oleh para client. Oleh karena itu, penggunaan harddisk dalam database juga membutuhkan harddisk dengan kemampuan baca yang tinggi agar tidak terjadi masalah pada saat pengambilan data.

Nah, demikian beragam fungsi harddisk yang sangat berguna untuk suatu sistem dalam komputer. Tentu, tanpa adanya perangkat keras tersebut, suatu komputer tidak bisa dijalankan dengan baik. Agar harddisk dapat membaca data dengan baik, maka memilih harddisk dengan kapasitas yang tinggi pun merupakan suatu hal yang perlu dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *