Kegunaan Tangan Prostetik dan Apa Saja Jenisnya?

Mungkin Anda pernah mendengar tentang tangan prostetik. Pada dasarnya, ini merupakan tangan buatan yang berguna untuk menggantikan fungsi tangan yang hilang karena proses amputasi. Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi, membuat kegunaan tangan prostetik juga semakin mendekati fungsi tangan yang asli.

Kegunaan Tangan Prostetik

Sesuai namanya, maka kegunaan tangan prostetik yang utama adalah untuk menggantikan tangan yang hilang. Beberapa orang juga membutuhkan alat prostetik ini karena memang sejak lahir tidak memiliki anggota tubuh tertentu.

Penggunaan tangan prostetik ini juga menjadi pilihan karena banyaknya kegunaan yang akan didapatkan. Beberapa kegunaan tersebut antara lain adalah:

1. Mengganti Fungsi Anggota Tubuh yang Hilang

Ini merupakan kegunaan tangan prostetik yang paling utama. Ketika seseorang kehilangan tangannya, maka fungsi tangannya pun akan hilang. Dengan menggunakan tangan prostetik ini, maka fungsi tersebut bisa kembali. Pada beberapa kasus, kegunaaan tangan prostetik juga berfungsi untuk perpanjangan bagian tubuh yang tersisa.

2. Membantu Menjalani Aktivitas Harian

Berkaitan dengan fungsi alat tubuh yang hilang, maka akan banyak kegiatan dan aktivitas yang menjadi tidak bisa dilakukan. Dengan menggunakan tangan prostetik ini maka beberapa aktivitas dasar akan kembali bisa dilakukan. Bahkan jika sudah terbiasa dan terlatih, maka kegunaan tangan prostetik ini juga bisa untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan lebih banyak tenaga.

Jenis-Jenis Tangan Prostetik

Selain masalah kegunaan tangan prostetik, yang perlu Anda pahami juga jika tangan prostetik ini memiliki beberapa jenis. Perbedaan jenis ini bergantung pada darimana tenaga nya dihasilkan. Jenis tangan prostetik tersebut adalah:

1. Bertenaga Tubuh

Jenis tangan prostetik yang pertama adalah tangan prostetik bertenaga tubuh. Kegunaan tangan prostetik jenis ini memungkinkan penggunanya untuk bisa memegang benda, melenturkan ataupun mengunci siku. Jika dilihat dari segi harga, maka ini merupakan jenis tangan prostetik paling murah.

2. Bertenaga Listrik

Jenis tangan prostetik yang kedua adalah tangan prostetik dengan tenaga listrik. Tangan palsu ini akan sangat mirip dengan tangan asli. Nantinya pengguna bisa mengendalikan tangan palsunya melalui impuls listrik dari otot-otot sisa tungkai. 

Jika dilihat dari segi harga, maka mungkin ini merupakan jenis yang agak sedikit lebih mahal jika dibandingkan dengan tangan prostetik bertenaga tubuh. Selain itu, sumber daya pada lengan ini juga perlu diisi ulang secara rutin.

Pada penggunaanya juga, jenis ini akan membutuhkan beberapa penyesuaian untuk mendapatkan prostetik yang bisa menafsirkan sinyal listrik. Bahkan, jenis ini juga tidak bekerja pada semua orang.

Jika dilihat dari sisi kegunaan tangan prostetik ini, maka kebanyakan memiliki fungsionalitas dasar. Beberapa versi terbaru juga memiliki kemampuan membuat jari-jari bisa terkontrol dengan penuh.

3. Hybrid

Selain kedua jenis tadi, saat ini juga ada jenis tangan prostetik yang menggabungkan keduanya atau lazim disebut dengan hybrid. Pada jenis ini maka akan menggabungkan komponen bertenaga tubuh dan juga listrik. Kegunaan tangan prostetik jenis ini yang utama adalah untuk amputasi siku di atas. 

Jika dilihat dari sisi pengguna, maka jenis ini memungkinkan untuk memiliki jangkauan gerak dan fungsi yang lebih besar bagi penggunannya.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang kegunaan tangan prostetik. Dan jika Anda membutuhkan pembuatan tangan prostetik, maka Anda bisa langsung menghubungi Prostetika.com. Prostetika.com merupakan tempat yang menyediakan jasa pembuatan kaki dan tangan palsu. Selain itu, tempat ini juga menyediakan alat rehabilitasi lainnya seperti produk prostetik dan ortotik dengan kualitas premium. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *