Manfaat meditasi

manfaat meditasi

Di jaman yang serba sains ini ternyata masih banyak juga loh yang menganggap bahwa meditasi itu masih sebagian dari hal-hal mistis yang bersifat supranatural.

Bahkan ada juga sebagian orang yang masih menganggap bahwa meditasi juga merupakan suatu bentuk ibadah dari agama tertentu.

Padahal dari secara sains dan psikologi meditasi itu bisa dibuktikan dan sangat jauh dari hal hal yang berbau magis. selain itu makna meditasi sendiri adalah jauh paradigma pemahaman orang-orang awam tersebut.

Bahkan seorang ahli psikologi menyarankan untuk meditasi setiap hari kurang lebih sekitar 10-30 menit, ternyata di balik saran mereka meditasi itu mempunyai banyak manfaat juga loh, apa saja manfaat nya yuk lanjut.

Mengurangi rasa cemas

Sebuah studi kasus yang di kutip dari healthline menyebutkan, program meditasi yang dilakukan terhadap sekitar 2466 orang mampu mengurrangi rasa cemas.

Buat kamu yang sering kali merasa cemas karena hal-hal yang bahkan belum jadi kenyataan bisa dicoba untuk mulai melakukan meditasi

Membantu mengenali diri sendiri

Manfaat lain dari meditasi adalah membantumu mengenali diri sendiri, dan menghilangkan perasaan kosong yang ada.

Dengan proses yang mengandalkan fokus kepada pernafasan membuat kamu lebih bisa memahamai diri sendiri, serta meningkatkan kesadaran diri membuatmu lebih mengerti sampai dimana batas kemampuanmu ketika melakukan suatu hal nanti.

Mampu membuat kita lebih fokus

lagi lagi dikutip dari health line, sebuah study kasus membuktikan bahwa orang yang sering melakukan meditas cenderung lebih fokus dan membuat pekerjaan mereka semakin baik.

Bakhkan meditasi yang dilakukan, mampu membuat mereka mengingat detail pekerjaan yang sedang mereka kerjakan.

Membantu lebih cepat untuk tidur

Untuk kamu yang merasa sulit tidur, merasa insomnia, bahkan meskipun sudah meletakan gadget dan memejamkan mata tapi tidak kunjung tidur juga, manfaat meditasi yang yang satu ini pas bangaet buat kamu.

Pasalanya dengan melakukan meditasi akan melatih pikiran kita untuk fokus dan beristirahat dari memikirkan hal-hal lain yang tidak penting.

Dengan sering melakukan meditas tentu hal ini akan membantumu untuk tidur lebih awal, karena dengan meditasi kamu sudah terlatih untuk membiasakan diri untuk fokus dan menghilangkan pikiran-pikiran tidak jelas yang biasanya sangat mengganggu mu ketika akan tidur.

Mengurangi tingkat depresi seseorang.

Sebuah study kasus yang di kutip dari NCBI untuk membuktikan hubungan meditasi dan pengurangan perasaan depresi dalam diri individu seseorang, membuktikan bahwa lebih dari 4000 orang yang melakukan meditasi merasakan perasaan depresi mereka berkurang secara drastis, dan membuat diri mereka lebih tenang.

Selain itu ada study kasus lain yang melakukan test aktivitas listrik yang ada pada otak manusia yang mengaplikasikan proses meditasi ini, al hasil orang yang melakukan meditasi memiliki aktivitas listrik di otak lebih stabil.

Dan memancing untuk mengaktifkan listrik di otak bagian yang berhubungan dengan pikiran optimis dan positif thinking, tentu hal ini akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih baik dan positif lagi, sehinngga ketika menghadapi banyak cobaan kehidupan ktia tetap dalam keadaan pikiran serta mental yang kuat.

Selain hal yang disebutkan diatas pada dasarnya manfaat meditasi itu sangatlah banyak dan tidak menutup kemungkinan ketika dilakukan penelitian terhadap meditasi ini akan memunculkan suatu manfaat yang baru,

Namun semuanya akan memiliki benang lurus yang mengarah pada pribadi seseorang yang lebih baik, serta membatu proses pengembangan diri, oh ya artikel seputar pengembangan diri bisa dilihat lebih lengkap di situs Literasikan

Nah, mungkin itu saja beberapa manfaat tentang meditasi ini, selain yang disebutkan mungkin anda bisa menambahkannya sendiri di kolom komentar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *