Penjelasan Distributor

Penjelasan-Distributor

Dalam dunia bisnis dan perdagangan, sering kali terdapat istilah yang tidak mudah untuk dipahami. Salah satunya adalah istilah distributor, yang sering membuat orang awam tidak paham mengenai artinya.

Maka dari itu, penting hukumnya untuk mengetahui penjelasan distributor. Ada beberapa hal yang memang perlu untuk dipelajari, dimulai dari pengertian, tugas dan fungsi, juga jenis dari distributor itu sendiri.

Pengertian Distributor

Bagian pertama adalah mengenai pengertian distributor. Untuk arti secara umumnya, bisa dikatakan jika distributor adalah pihak yang membeli produk dari produsen, yang dapat dijual kembali ke pengecer.

Beberapa distributor juga sering menjualnya langsung ke konsumen akhir. Dalam kata lain, distributor juga bisa menjadi badan usaha atau perorangan yang menyalurkan atau mendistribusikan sebuah produk tertentu.

Tentunya distributor hanya mendistribusikan setiap produk yang sudah jadi, dalam beberapa bentuk barang atau jasa ke konsumen akhir. Sehingga distributor memiliki peran penting dalam bidang bisnis dan perdagangan.

Mengetahui Fungsi dan Tugas Distributor

1. Berusaha untuk membeli produk
Dalam bidangnya, distributor juga memiliki tugas atau fungsi untuk membeli produk dari produsen. Dimana produk tersebut bisa berbentuk barang atau sebuah jasa.

2. Menjual produk
Biasanya para produsen akan melakukan penjualan dari produk yang telah dibeli oleh produsen.
Akan tetapi, distributor akan memberikan harga yang lebih tinggi, sehingga bisa mendapatkan keuntungan lebih.
Biasanya, distributor akan menjual produk ke beberapa pengecer, atau mungkin dengan menyampaikannya langsung ke konsumen akhir.
Namun jika Anda belum tau strategi menjual produk bagaimana, cara iklan yang baik gimana, sebaiknya pahami dulu tentang unsur dan jenis iklan yang menarik.

3. Mengangkut dan mengantarkan produk
Pastinya, tugas ini merupakan tugas utama dari distributor itu sendiri. Apalagi dengan penjelasan distributor yakni sebagai perantara produsen dengan konsumen. Baik itu dalam bentuk barang atau jasa sekalipun.

Memahami Berbagai Jenis Distributor

1. Distributor khusus barang
Terdapat beberapa jenis distributor yang harus dipahami. Untuk yang pertama yaitu jenis distributor dalam bentuk barang. Seperti yang telah dijelaskan bahwa, distributor barang akan menjual atau mengantarkan produk kepada pengecer atau konsumen akhir.

Hal ini tentunya bisa menjadi keuntungan bagi distributor, yakni dengan menjual menggunakan harga yang lebih tinggi untuk mendapatkan keuntungan lebih.

Salah satu contoh yang bisa diambil, adalah distributor dalam bidang logistic atau angkutan. Dimana pemiliknya mendapatkan keuntungan, dari produsen yang ingin mengirimkan barang. Atau mungkin bisa membeli barang, juga menyediakan angkutan untuk kemudian di distribusikan ke konsumen.

2. Distributor khusus jasa
Saat ini banyak sekali perusahaan yang bergerak di bidang distributor jasa. Dengan demikian, dapat diartikan bahwa distributor akan memiliki peran langsung untuk memberikan jasa pada konsumennya.

Salah satu contoh adalah distributor jasa keuangan, dimana sang distributor akan langsung mengirimkan jasanya bagi nasabah. Hal ini yang menjadi contoh dari distributor yang bergerak di bidang jasa.

3. Distributor untuk perorangan
Tidak ada yang jauh berbeda dengan distributor perorangan. Apalagi sistem yang dicakupnya masih sama, yakni untuk mengantarkan barang kepada konsumen.

Hanya saja, biasanya pada bagian ini, para produsen sudah memiliki distributor utama. Sehingga prosesnya mungkin bisa menjadi lebih cepat, biasanya orang orang menyebutnya dengan perusahaan MLM.

Dengan prinsip yang sama, biasanya produsen yang memiliki distributor utama akan langsung memiliki target penjualan. Sehingga sang distributor tetap, hanya harus mengantarkan ke konsumen utama itu sendiri.

Setelah memahami penjelasan distributor serta hal lainnya, maka dapat diakui jika keberadaannya sangatlah penting. Dengan demikian, ketika produsen telah selesai untuk membuat sebuah produk, pastinya akan memberikan kepada distributor untuk kemudian memberikan kepada konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *