Perilaku Terpuji

Assalamu’alaikum wr.wb. Sahabat setia, ada beberapa sifat yang terpuji yang harus kita ketahui. Hal ini terkadang tidak jauh dari kehidupan sehari-hari, apa saja diantaranya sebagai berikut ;

Adil

Yang di maksud dengan adil adalah menempatkan sesuatu pada pada tempatnya, contoh kita membuang sampah pada tempatnya, menghukum orang yang melakukan tindak pidana, dan lain-lain. Dalam pengertian lain adil adalah memberikan hak orang lain sesuai dengan haknya tanpa mengurangi sedikit pun. Dalam memutuskan suatu perkara adil berarti tidak berat sebelah.

Lawan adil adalah ‘aniaya (zhalim), mencuri merupakan contoh perbuatan zhalim, karena mengambil sesuatu yang bukan haknya. Demikian pula penjual yang menimbang barang pembeli kurang dari takaran semestinya, karena tidak memberikan hak pembeli secara semestinya.

Berlaku adil merupakan satu sendi kehidupan bermasyarakat. Setiap anggota masyarakat menghendaki terciptanya keadilan demi kehidupan yang harmonis. Sedemikian pentingnya keadilan sehingga islam menyuruh kepada siapa saja untuk berlaku adil.

Dalam surah An-Nisa’ ;16;90 disebutkan bahwa”sesungguhnya Allah menyuruh (kalian) berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang perbuatan keji , kemungkaran, dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepadamu agar kamu dapat mengambil pelajaran ” setiap orang harus berlaku adil namun sikap adil penguasa harus lebih ditekankan.karena jika kekuasaan tidak berlaku adil, maka dampak buruknya ada di kehidupan masyarakat akan sangat besar.

Ridha

Dalam menjalani kehidupan, banyak sekali manis dan pahitnya pengalaman yang dijumpai setiap saat. Manusia akan merasa bahagia ketika dia mendapatkan sesuatu sesuai dengan keinginannya.

Namun tidak mungkin semua keinginan selalu tercapai atau terpenuhi dengan sempurna. Terkadang justru hasil tidak diharapkan yang dialami oleh seorang hamba. Semua itu hendaknya tidak membuat seorang hamba menjadi putus asa.

Selama dia telah berusaha secara maksimal dalam melakukan suatu usaha, dan ternyata hasil dari usahanya tidak sesuai dengan harapan, berarti dalam hal ini Allah Swt belum menghendaki dan mengabulkannya.

Hendaklah dia tidak merasa putus asa dengan jerih payah yang telah dia perbuat. Karena mungkin saja suatu yang tidak dia sukai ternyata yang lebih baik di mata Allah. Disinilah seorang hamba di tuntut untuk ridha atau rela dan menerima takdir yang telah ditetapkan.

Ridha adalah perasaan hati yang senantiasa merasa bahagia ketika menerima takdir sepahit apapun. Melalui sikap ridha, seseorang akan lebih mudah bersabar menghadapi berbagai macam cobaan hidup.

Perlu diketahui bahwa cobaan yang ditimpakan Allah kepada hambanya tidak berarti Allah murka padanya. Justru pahala yang besar akan diberikan Allah kepada orang-orang yang ridha menerima cobaan hidup.

Dengan bersabar terhadap cobaan seseorang akan merasa ridha. Dengan merasa ridha seseorang akan mendapatkan cinta Allah Swt. Dengan menerapkan sikap ridha, seseorang mampu berfikir lebih jernih. Karena dia akan yakini bahwa bagaimanapun juga pilihan Allah lebih baik dibandingkan dengan pilihan manusia.

Baca Juga: artikel artikel yang terkait dengan sifat adil dan sifat ridha di situs nyamankubro.com

Maka kita sebagai manusia diharapkan bisa mengambil hikmah dari sifat terpuji dan bisa diterapkan dikehidupan sehari-hari Orang yang sabar tidak akan memandang berat ringannya pekerjaan, namun yang terbayang dihadapannya adalah bagaimana dia dapat menggapai harapan dan cita-citanya.

Dia akan menempuhnya dengan ketekunan dan penuh pengorbanan. Kesadaran sedemikian ini yang dibutuhkan seorang muslim. Tanpa adanya kesabaran, maka akan sulit meraih cita-cita karena dirinya akan merasa cepat lelah dan pesimis putus asa dan akhirnya gagal. Maka sebagai muslim mari kita tingkatkan semangat dan rasa optimis kita agar apa yang kita cita-citakan dapat di ridhai oleh Allah Swt. Wasalamu’alikum wr.wb

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *