Resep Pancake

Resep Pancake Lembut dan Fluffy

Masyakarat kita, mungkin sedikit asing dengan makanan yang bernama Pancake. Mungkin, kudapan ini masih dianggap mewah dan hanya bisa disajikan saat berada di cafe maupun restoran saja. Tapi, tahukah kamu kalau ternyata kita bisa membuat Pancake sendiri secara mudah di rumah?

Awalnya kue dadar ini berasal dari benua Eropa. Penduduk sana biasa menyantap hidangan ini sebagai menu sarapan pagi atau camilan menjelang makan siang. Pancake atau yang bisa kita sebut sebagai Panekuk ini kaya akan nutrisi yang berasal dari bahan-bahan utamanya seperti tepung terigu, telur dan susu.

Pancake biasa dihidangkan dengan topping berupa sirup mapple, selai atau madu hingga es krim. Topping ini bisa kamu sesuaikan dengan selera. Namun, ada resep khusus agar adonan dari Pancake ini tidak terlalu kental maupun encer. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Simak dibawah ini.

Resep Pancake Lembut dan Fluffy

Resep Pancake Lembut dan Fluffy

Kudapan kue spesial yang mudah dan mengenyangkan.

Bahan Utama untuk Pancake

  • 100 gr tepung terigu
  • 1/4 sdt baking powder
  • 250 ml susu cair
  • Garam
  • 1 butir telur, pisakan kuning dan putihnya
  • Margarin

Bahan Pelengkap

  • Sirup mapple
  • Es krim

Cara Membuat Pancake

  1. Campurkan bahan tepung terigu dengan baking powder kedalam 1 wadah, lalu aduk hingga tercampur rata.
  2. Ayak campuran tepung terigu dan baking powder, lalu tambahkan garam dan kuning telur yang telah dipisah. Aduk lagi hingga membentuk suatu adonan.
  3. Pada wadah lain, kocok putih telur dengan kekuatan tinggi. Bisa menggunakan whisk ataupun mixer dengan setelan high. Pastikan agar putih telur mengembang dan tidak kaku, kemudian sisihkan.
  4. Campurkan adonan pertama dengan putih telur yang telah dikocok hingga merata. Tambahkan pula susu cair yang sudah disiapkan, lalu aduk hingga semua bahan tercampur.
  5. Siapkan teflon diatas kompor, kemudian nyalakan dengan api kecil. Panaskan margarin hingga mencair.
  6. Setelah teflon panas, tuang adonan Pancake sebanyak 2,5 sendok sayur lalu bentuk sesuai selera. Setelah itu tutup telfon dengan penutupnya.
  7. Setelah terlihat kecoklatan, balik Pancake dengan sisi atas. Lalu tunggu hingga kedua sisi matang.
  8. Setelah matang, angkat dan taruh pada piring saji. Ulangi langkah ke-enam hingga seluruh adonan terpakai.
  9. Sajikan pancake dengan 2 scop es krim diatasnya, lalu lumuri dengan sirup mapple.

Itulah resep dan cara membuat Pancake sendiri di rumah. Disini kamu masih bisa berkreasi dengan menambahkan bahan-bahan sesuai dengan selera dan kemampuan.

Beberapa ada yang menambahkan coklat cair sebagai topping atau bahkan menambahkan buah pisang sebagai bahan dasar utama. Tapi, ini merupakan langkah termudah yang bisa kamu coba dan praktekkan. Selamat berkreasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *