Tips Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga

Bagi yang pernah menonton serial Harry Potter, tentunya tahu bagaimana pemeran keluarga Dursley memanfaatkan ruang bawah tangga menjadi kamar tidur bagi Harry. Ternyata, manfaat itu tidak bisa dijalankan dalam waktu lama. Oleh sebab itu, terapkan tips memanfaatkan ruang bawah tangga ini.

Tujuan mengisi ruang bawah tangga yang biasanya diabaikan yaitu sebagai opsi tambahan untuk membuat space agar desain interior dalam rumah terlihat estetik. Tidak semua ruang bawah tangga bisa digunakan secara leluasa, hal ini bergantung pada jenis tangga yang digunakan dalam rumah.

4 Tips Memanfaatkan Ruang Bawah Tangga Agar Terlihat Rapi dan Estetik

Untuk jenis tangga monyet dan tangga spiral mungkin tidak cocok jika digunakan untuk beberapa ide berikut ini. Ide dibawah bisa digunakan untuk jenis tangga lain dengan memanfaatkan ruang secara optimal, sehingga ruangan akan tampak lebih terisi dan enak dipandang.

  • Menggunakan Ruang Bawah Tangga Sebagai Laundry Room

Memanfaatkan ruang kosong dibawah tangga sebagai laundry room merupakan salah satu ide yang cukup unik. Pemilik rumah bisa memasang pintu lipat sebagai kamuflase dinding tangga atau bisa sekedar di ekspos begitu saja untuk menampilkan kesan natural.

Mesin cuci yang berukuran pendek tentunya akan menyisakan ruang untuk rak-rak yang bisa digunakan sebagai tempat keranjang pakaian. Rak-rak juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat detergen atau sabun lain yang dibutuhkan ketika akan mencuci baju.

  • Menggunakan Shoe Rack dan Hanger Sebagai Pengisi Ruang Bawah Tangga

Meletakkan shoe rack dan hanger pada ruang bawah tangga bisa di aplikasikan jika lokasinya berdekatan dengan pintu masuk utama. Area bawah tangga bisa digunakan sebagai rak untuk menyimpan alas kaki lengkap bersama dengan gantungan tas ataupun jaket.

Sebaiknya biarkan area ini dalam keadaan terbuka dan terkena cahaya agar tidak lembab dan meninggalkan bau tidak sedap. Pemilihan warna solid atau warna putih yang muda bisa membuat area ini bisa terlihat terang dan bersih.

  • Sebagai Kamar Hewan Peliharaan

Tips memanfaatkan ruang bawah tangga bisa digunakan sebagai kamar hewan peliharaan, seperti kucing, anjing, kelinci, atau hewan peliharaan lainnya. Dengan area tidak terlalu luas dan penerangan yang mencukupi, maka akan membuat hewan peliharaan istirahat dengan nyaman.

  • Rak Display Buku

Model tangga yang memiliki cukup ruang bisa dimanfaatkan sebagai rak buku yang atraktif. Pemanfaatan pijakan tangga sebagai rak buku akan membuat penataannya terlihat rapi dan bisa menjadi elemen estetik yang minimalis tapi tetap terlihat khas.

Selain beberapa pilihan diatas, tips memanfaatkan ruang bawah tangga lainnya bisa sebagai powder room, reading nook, compart pantry, dan masih banyak lagi. Memanfaatkan ruang bawah tangga secara kreatif tentunya bisa menjadi nilai tambah desain interior rumah dan juga sirkulasi udara yang memadai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *