Tips Memulai Bisnis Warung Kopi

Tips-Memulai-Bisnis-Warung-Kopi

Di zaman sekarang hampir semua masyarakat Indonesia menyukai kopi, dari golongan lanjut usia hingga golongan muda.

Bahkan, golongan muda mampu menciptakan inovasi kopi sendiri. Tak heran, banyak kaum muda yang mulai bisnis warung kopi.

Jika dulu kopi hanya disajikan di warung-warung tradisional, sekarang kopi juga bisa disajikan di kafe-kafe modern.

Bahkan, tak jarang ditemui warung kopi dengan konsep yang unik dan berbeda. Untuk itu, jika Anda ingin memulai bisnis di bidang ini, ikutilah tips yang telah kami dapatkan dari bisabisnis berikut ini:

Tips Memulai Bisnis Warung Kopi Untuk Memulai

1.  Modal

Dalam memulai bisnis apapun, aspek modal menjadi hal yang sangat penting. Berbicara tentang bisnis kopi, modal utamanya adalah kopi untuk diseduh dan air untuk menyeduh. Jika ingin menyajikan kopi buatan sendiri hanya membutuhkan alat racik manual.

Sayangnya, hitungan modal tersebut berlaku jika Anda telah memiliki sejumlah modal lain seperti lokasi dan tempat usaha. Terlepas dari hitungan modal yang terasa besar, sebenarnya Anda hanya perlu memperhatikan kekuatan modal yang Anda miliki.

Jangan terlalu memaksakan diri memiliki kafe yang besar jika modal yang dimiliki masih sedikit. Mulailah dari hal yang sederhana terlebih dahulu.

2. Target pasar

Hal terpenting kedua yang harus diperhatikan yaitu target pasar. Anda harus menentukan kepada siapa Anda akan menjual kopi, apakah untuk kalangan tertentu saja atau semua kalangan. Mulailah menganalisa dari hal tersebut.

Memperhatikan potensi pasar yang ada dan memperkirakan omzet dalam waktu tertentu adalah hal penting yang harus dilakukan. Jangan lupa untuk meminta testimoni dari target pasar Anda dan ambillah keputusan setelahnya.

3. Supplier kopi

Jika Anda telah menentukan target pasar, pilihlah supplier kopi yang sesuai. Jika target pasar Anda adalah bapak-bapak yang menyukai kopi hitam, maka carilah supplier jenis kopi tersebut. Tetapi, jika target pasar Anda adalah anak muda, supplier yang dibutuhkan tentu berbeda.

Anak muda mungkin lebih menyenangi kopi yang memiliki cita rasa khas. Untuk menambah varian, kopi juga bisa dikombinasikan dengan bahan-bahan tertentu. Jangan lupa untuk memilih supplier yang amanah dan bertanggungjawab.

4.  Konsep warung kopi

Banyaknya warung kopi yang sudah ada sekarang tentu menjadi tantangan yang tidak mudah bagi para pelaku bisnis kopi pemula. Agar mendapat tempat di hati konsumennya, pelaku bisnis kopi sebaiknya memiliki konsep bisnis yang kuat.

Konsep bisnis kopi biasanya berkaitan dengan tema warung kopi yang diusung, Jika target pasar bisnis kopi adalah kaum muda, biasanya konsep yang disarankan adalah konsep minimalis dan unik. Dengan menentukan konsep yang tepat, warung kopi akan mudah diingat konsumennya.

5. Lokasi

Salah satu hal yang tak kalah penting dari pembuatan bisnis kopi adalah lokasi. Anda harus mencari lokasi yang strategis untuk bisnis Anda. Penentuan lokasi bisnis dipengaruhi konsep bisnis yang digunakan dan target konsumen.

Jika konsep bisnis yang dipiliha adalah warung kopi minimalis dan konsumen yang dituju adalah anak muda seperti mahasiswa, sebaiknya pilih lokasi bisnis yang dekat dengan kampus. Pikirkan lokasi bisnis ini secara matang-matang sebelum memutuskannya.

6. Pemasaran

Hal terakhir tetapi tak kalah penting adalah pemasaran. Sekarang pemasaran bisa dilakukan dengan berbagai cara. Pemasaran dari mulut ke mulut masih efektif diterapkan di zaman yang serba digital ini. Sedangkan, pemasaran digital melalui media sosial merupakan hal yang tak kalah penting.

Itulah beberapa tips dalam memulai bisnis warung kopi yang bisa Anda aplikasikan. Namun, ketika dalam memulai Anda merasa kesusahan, usahakan untuk tidak gampang menyerah. Hal ini dikarenakan bisnis harus dirawat dengan penuh kesabaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *