Cara Memindahkan Data atau File dari HP ke Laptop

Memindahkan data dari handphone ke komputer atau laptop adalah kegiatan backup data yang perlu untuk dilakukan, agar data di handphone bisa tersimpan dengan aman.

Setidaknya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memindahkan data atau file dari handphone ke laptop atau pc.

1. Pakai Kabel Data

Silahkan kalian sambungkan handphone dengan menggunakan kabel data yang bisa dipakai untuk transfer file. Lalu silahkan cek hp dan pilih bagian mode transfer file. Silahkan silahkan buka laptop dan bukalah drive hp yang sudah terdeteksi.

Lalu carilah file yang diinginkan dengan cara klik Ctrl + mouse kiri. Lalu klik kanan pada mouse dan pilihlan menu copy. Kemudian kalian bisa langsung pergi ke bagian drive laptop dan silahkan langsung buat folder yang baru.

Kalian tinggal lakukan klik kanan pada mouse dan pilih paste atau tempel. 

Kelebihan utama dari kabel data ini adalah kecepatan proses transfernya. Jika file yang di copy hanya berkisar dalam belasan hingga puluhan GB, maka proses transfer data bisa berlangsung dalam waktu 10 sampai 20 menit saja.

2. Pakai Mi Drop

Mi Drop merupakan sebuah aplikasi yang awalnya diluncurkan oleh pihak Xiaomi dan aplikasi ini memang di desain secara khusus untuk memindahkan data dari handphone Xiaomi ke komputer atau laptop. Penggunaan aplikasi ini terbilang sangatlah mudah, karena hanya memerlukan akses wifi saja.

Aplikasi Mi Drop bisa di download secara gratis di playstore dan kalian harus menghubungkan hp dengan jaringan wifi. Pastikan hubungkan laptop ke jaringan wifi. Silahkan anda buka aplikasi dan ketuk menu yang berada di bagian kiri atas, lalu hubungkan ke komputer.

Lalu anda bisa klik tombol mulai dan nantinya ada sebuah alamat yang perlu untuk dicatat. Kemudian kalian bisa buka laptopnya dan buka bagian Windows Explorer, lalu masukan alamat yang sudah dicatat sebelumnya. 

Jika alamatnya sudah tetap, maka kedua perangkat akan terhubung ke jaringan yang sama dan nantinya akan muncul berbagai daftar folder dari memori internal. Pilihlah data yang kalian inginkan dengan menekan tombol Ctrl + pakai mouse kiri, lalu kalian klik kanan dan pilih bagian copy. Jika sudah, maka kalian tinggal buka drive yang ada di laptop dan pastekan datanya.

3. Pakai Bluetooth

Cara kirim file hp ke laptop sangatlah populer di kalangan masyarakat. Silahkan kalian nyalakan mode Bluetooth di hp dan silahkan nyalakan juga mode Bluetooth di laptop. Kemudian anda bisa masuk pada kolom Search Taskbar dan bisa mengetikan Search Taskbar, lalu bisa langsung membuka programnya.

Kalian juga bisa langsung klik pilihan Receive Files. Kalian tinggal kembali lagi ke handphone dan silahkan membuka file manager. Kalian bisa memilih file apa saya yang diinginkan, kemudian tekan beberapa saat sampai muncul pilihan.

Proses selanjutnya, maka kalian tinggal ketuk opsi share melalui Bluetooth. Jika pilihannya sudah muncul, maka kalian bisa langsung kirim saja ke laptop tujuan. Tunggulah sampai proses transfer selesai.

Demikian bahasan lengkap mengenai cara memindahkan data atau file dari hp ke laptop dan semoga semua bahasannya bisa bermanfaat untuk para pembacanya. 

Sumber Referensi Cara Memindahkan Data atau File dari HP ke Laptop : https://netgeek.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *