Wisata Dieng Wonosobo

Dieng merupakan salah satu desa yang berada di provinsi Jawa Tengah, tepatnya kabupaten Wonosobo. Desa ini memiliki kondisi alam yang sangat asri dan strategis, sehingga terdapat berbagai objek wisata menakjubkan di dalamnya sama halnya seperti objek wisata Geopark Ciletuh di Sukabumi. Hal inilah yang menyebabkan desa ini lebih dikenal sebagai  wisata Dieng Wonosobo yang selalu ramai pengunjung.

5 Wisata Dieng Wonosobo yang Unik

Jika tertarik menjadikan Dieng Wonosobo sebagai salah satu tujuan wisata, maka beberapa lokasi berikut bisa menjadi pilihan yang tepat

1.) Wisata Ala Grand Canyon di Lubang Sewu

Lubang Sewu merupakan objek wisata yang terbilang baru dengan memanfaatkan kondisi air yang tidak stabil di dalamnya.  Jika sedang musim hujan, maka lubang ini lebih berbentuk seperti danau yang berair dengan berbagai ikan yang berenang dan bersembunyi pada bebatuan yang berlubang.

Sementara ketika musim kemarau, justru danau ini memiliki nilai keindahan tersendiri dari bentuk bebatuan yang unik dan berlubang di dalamnya. Bahkan tampilan bebatuan ini mirip dengan wilayah  Grand Canyon yang ada di Amerika Serikat.

2.) Telaga Warna

Telaga warna juga termasuk objek wisata yang berbentuk danau, namun sesuai namanya, air dalam danau memiliki warna yang sangat menarik dan unik. Tidak seperti air danau yang biasanya berwarna biru atau kecokelatan, maka telaga warna bisa menimbulkan bias warna yang bervariasi, mulai dari kuning, hijau, bahkan pelangi.

Hal ini disebabkan karena kandungan air danau yang terdiri dari campuran zat sulfur yang terlampau tinggi sehingga memberikan warna. Terlebih ketika siang hari, dan terkena pantulan cahaya matahari, maka warnanya bisa membias menjadi lebih beragam.

3.) Bukit Sikunir

Bukit Sikunir memiliki pesona wisata yang tidak jauh dengan bukit pada umumnya, yakni pemandangan hijau, pegunungan, serta pohon-pohon yang rindang. Selain itu, udara sejuk sudah menjadi suasana wajib yang ada di perbukitan.

Namun, ada sisi keunikan dari bukit Sikunir yang tidak ada pada bukit lainnya, yakni pemandangan Sunrise yang sangat menakjubkan. Bukan sekadar matahari terbit biasa, namun lebih terlihat eksotis karena warnanya keemasan yang dihiasi awan hitam, dan penampakan gunung Sindoro yang terlihat sempurna.

4.) Batu Pandang Ratapan Angin

Objek wisata ini masih berhubungan erat dengan telaga warna yang ada di sekitarnya. Hal ini disebabkan karena Batu Pandang Ratapan Angin merupakan area yang berada di atas danau, sehingga bisa dimanfaatkan untuk melihat aneka warna yang ditimbulkan dari telaga warna.

Disebut batu pandang, karena objek utamanya adalah sebuah batu besar yang bisa diduduki wisatawan untuk melihat pemandangan bukit dan danau Telaga Warna yang ada di bawahnya. Jika anda menyukai dunia fotografi, maka melalui batu ini banyak foto pemandangan alam menarik yang bisa diambil.

5.) Curug Winong

Air terjun ini merupakan salah satu objek wisata Dieng yang masih jarang didatangi pengunjung. Kondisi ini sangat dipengaruhi oleh letaknya yang sangat tersembunyi dan susah dikenali hanya melalui Google map.

Curug Winong sangat cocok dikunjungi bagi anda yang ingin merasakan suasana air terjun yang masih sangat alami dan jauh dari hiruk-pikuk manusia. Derasnya aliran air terjun ini dimanfaatkan masyarakat sekitar untuk mengairi sawah penduduk, sehingga selalu subur

Dari 5 tempat wisata Dieng Wonosobo di atas, anda tentu sudah bisa membayangkan sisi keunikan yang jarang ditemukan pada lokasi wisata lainnya. Demi memenuhi rasa penasaran anda, maka tidak ada salahnya untuk mengunjungi wisata di daerah Dieng Wonosobo. Bahkan ketika perjalanan menuju wisata, anda sudah dimanjakan dengan pesona alam Dieng yang menakjubkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *